Senin, Agustus 11, 2008

Burner Mogok Setelah Instalasi SP2

Burner Mogok Setelah Instalasi SP2  


Friday, 08 August 2008 
MASALAH: Tidak lama lagi, Microsoft akan meluncurkan Service Pack 3 untuk Windows XP. Namun, seorang pembaca CHIP malah baru menginstal Service Pack 2 (SP2). Itupun, instalasinya bermasalah. Pembakar pada notebook Yakumo miliknya (model UJ-811B dari Matshita Panasonic) tidak lagi berfungsi setelah instalasi SP2 tersebut. Nero tidak mau membakar media atau membatalkannya setelah beberapa saat. Lalu, drive tray meluncur keluar dan software melaporkan pesan „unknown error“.
 

MASALAH PEMBAKAR : Matshita UJ-811B tidak berfungsi pada Windows XP SP2.
 
DIAGNOSIS: CHIP mencoba memeriksa masalah ini di CHIP Test Center. Setelah gagal membakar CD untuk ketiga kalinya, CHIP melakukan update terhadap seluruh komponen software. Pertama, CHIP menggunakan driver terbaru untuk chipset VIA pada notebook, meng-update Nero 6 ke versi 6.6.1.15a, dan mencoba memperbarui firmware pembakar. Namun, firmware ini tidak dapat ditransfer ke notebook meskipun burner sudah dipindahkan ke komputer di CHIP Test Center. 
 
Sepertinya, pembakar ini menggunakan sebuah firmware OEM khusus untuk Yakumo dan tidak kompatibel dengan Update-Tools dari Matshita. Karena update ke Nero 8 juga tidak dapat mengatasi masalah, CHIP lalu menguji pembakar pada notebook lain yang menggunakan chipset Intel 915M. Di sini, pembakar dapat berfungsi tanpa masalah, CD berhasil dibakar dengan sempurna. Sebuah pembakar DVD lain juga dapat bekerja pada notebook Matshita UJ-811B. Sebaliknya, perangkat bawaan Matshita tidak dapat berfungsi sama sekali.
 
SOLUSI: Kemungkinan, masalahnya adalah kompatibilitas antara chipset notebook dengan pembakar yang berujung pada konflik driver dari SP2. Sistem tidak dapat di-downgrade ke SP1 karena banyaknya lubang keamanan dalam Windows XP versi ini. Setelah panjang-lebar berkonsultasi, akhirnya sang pemilik memutuskan untuk membeli pembakar baru, yaitu Sony NEC Optiarc AD-7543A. Selain mendukung Double-Layer dan memiliki kecepatan bakar yang tinggi, firmware pembakar sudah dalam versi yang aktual.

Tidak ada komentar: