Sabtu, Oktober 11, 2008

PASSAT DIGITAL ALLIANCE 9600 GSO 384 MB DDR3 - Kinerja Maksimal

Dengan dikeluarkannya chipset 9600 GSO oleh Nvidia, Passat mencoba meramaikan pasar graphics card dengan me­ngeluarkan Digital Alliance 9600 GSO 384 MB DDR3. Dengan Core clock sebesar 600 Mhz dan Memory clock sebesar 900 Mhz serta Shadder 1500 Mhz, graphics card ini menjanjikan kinerja dari chipset 9600 GSO secara maksimal.

Image

Dengan dipersenjatai HSF yang cukup besar, panas yang dihasilkan dapat dibuang dengan baik. Satu hal yang menjadi kekurangan HSF bawaan graphics card ini, yaitu fan yang ada menghasilkan berdenging yang sangat mengganggu.

Image
Plat Sebuah plat dipasang untuk membantu menahan HSF yang besar.

Melihat spesifikasi graphics card ini, Passat menawarkan kinerja di atas rata-rata dari graphics card reference Nvidia. Dengan kemampuan untuk gaming dan video, graphics card ini memberikan nuansa baru jika dibandingkan dengan para pendahulunya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil yang memuaskan untukpengujian yang dilakukan CHIP terhadap graphics card ini.

Image
HSF HSF khas andalan dari Digital Alliance versi overclock.

Isi dari bundel graphics card ini dapat dikatakan cukup lengkap, apalagi ditambah dengan bonus game yang menjadikan graphics card ini memiliki daya tarik tersendiri. Namun, di antara kelebihannya tersebut ada satu kekurangan dari bundel graphics card ini, yaitu dokumentasi yang diberikan terbilang sangat sederhana dan kurang informatif walaupun dikemas dengan berbagai bahasa.

Image

Kesimpulan: Agak sedikit disayangkan dokumentasi yang disertakan dalam bundel graphics card ini kurang informatif, malah agak berkesan seadanya saja. Namun demikian graphics card ini dapat diandalkan untuk bermain game ataupun menonton video. Sebuah graphics card yang patut dilirik mengingat perbandingan antara harga dan kinerja.

Source: CHIP 07/2008
Author: Sony Hanifudin

Tidak ada komentar: